Selasa, 20 Agustus 2013

Artikel Tentang Teknologi Jaringan





 MENGINSTAL SOFTHERE JARINGAN
Operasi sistem
Penggunaan jaringan komputer semakin meningkat setiap harinya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya akses jaringan yang digunakan saat ini seperti warnet hotspot,maupun jaringan yang sekedar dibuat untuk kapasitas berbagi data seperti pada kantor maupun sekolah. Sehingga penting bagi kita untuk mengetahui bagai mana cara berkoneksi antara komputer yang membentuk sebuah jaringan.
Dengan jumlah komputer yang sudah memadai,merupakan syarat cukup untuk membangun jaringan komputer yang sederhana dan dapat digunakan untuk menunjang insfrastruktur dalam proses belajar mengajar. Membangun sebuah lab jaringan,tidak mesti memakai biaya yang tinggi,karena biaya dapat diminimalisir dengan menggunakan perangkat-perangkat yang ada disekitar yang harganya relatif terjangakau.
A.   LAN
Local Area Network biasanya disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencankup wilayah keecil seperti jaringan kampus,gedung kantor,dalam rumah,sekolahan atau yang lebih kecil. Saat ini kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3. Ethernet menggunakan perangkat switch,yang mempunyai kecepatan transfer data 10,100,atau 1000 Mb/s. Selain teknologi Ethernet,saat ini teknologi 802,11b (atau disebut wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-2 yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi wi-fi disebut Hotspot. Pada sebuah LAN, komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep drum terminal,setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumberdaya tersebut bisa berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna lain dengan mengunakan applikasi yang sesuai. Jawa vs Future     Jaringan komputer adaalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lain,dan menggunakan suatu protokol komunikasi sesuai media komunikasi sehingga dapat saling berbagi dan bertukar informasi,data,progam-2,dan penggunaan perangkat keras secara bersama. Tujuan bagi dibangunnya suatu jaringan komputer adalah mengantarkan informasi secara tepat dan akurat dari sisi pengiriman ke sisi penerima. Secara umum, jaringan komputer tentunya memiliki beberapa manfaat dibandingkat dengan komputer yang berdiri sendiri.
LAN (Local Area Network) mempunyai ciri-2 berikut :
1.    Bekerja di area geografis yang terbatas dan LAN hanya bekerja pada area Local.
2.    Dapat digunakan multi-access hingga higt-bandwidth media, multi-access adalah penggunaan secara bersama-2.
3.    Administrasi dilakukan melalui administrator local.
4.    Memiliki pusat terminal (Switch/HUB).
Perangkat yang dibutuhkan pada jaringan local/LAN antara lain:
1.    Repearter
Repearter hampir sama dengan HUB,repeater menggunakan topologi bus,yang bekerja memperkuat sinyal agar lalu lintas data dari workstation (client)ke serer atau sebaiknya lebih cepat jika jaraknya semakin jauh. Dengan repearter ini,jaringan dan sinyal akan semakin kuat,apalagi jika kabel yang digunakan adalah jenis koaksial.
 

2.    Bridge
Bridge adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau mencegah jaringan. Bridge berfungsi untuk menghubungkan dan menggabungkan media jaringan yang tidak sama seperti kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) dan kabel fiber-optic,dan untuk menggabungkan arsitektur jaringan yang berbeda seperti token ring dan ethernet.

3.    Router
Router adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan antara jaringan komputer yang berbeda kelas Ipnya,misalnya kelas A dan kelas C. Router juga berfungsi untuk memilih jalur-2 yang terbaik untuk komunikasi data pada sebuah jaringan. Router bisa berupa komputer atau berupa alat yang dirancang khusu sebagi router.

4.    HUB
HUB atau konsentrator yang berfungsi sebagai pusat perkabelan dan meneruskan paket-2 ethernet ke tujuan yang benar. HUB bermacam-2 jenisnya, 8 port (lubang),16 (port),24 (port),sesuai dengan jumlah komputer yang akan kita gunakan.

5.    Switch Hub
Switch dikenal juga dengan istilah LAN switch merupakan perluasan dari bridge,ada 2 buah arsitektur switch sebagai berikut:
a.    Cut throught
Kelebihan dari arsitektur switch ini terletak pada kecepatan,karena pada saat sebuah paket data,switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tujuannya.
b.    Store and forward
Switch ini menerima dan menganalisi selurruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan dan memerlukan waktu beberapa saat.

            Keuntungan menggunakan switch adalah karene setiap segmen jaringan memiliki bandwith 10 Mbps penuh,tidak terbagi seperti pada inhub.
6.    LAN CARD
NIC (Network Interface Card) atau LAN Card atau kartu jaringan digunakan untuk menghubungkan komputer atau PC dengan jaringan komputer,setiap PC dihubungkan ke jaringan dengan perantara Network Interface Card (NIC). Biasanya cara pemasangan ditancapkan kedalam slot PCI pada motherboard komputer,gunakan merk NIC yang bersifat plug and play,artinya kita tidak usah menginstal drivernya karena windows sudah bisa mengenalinya.

7.    Media Transmisi
Media transmisi adalah media penghubung jaringan yang menghubungkan antara komputer  satu dengan komputer yang lain. Media transmisi bisa berupa kabel,maupun nirkabel (tanpa kabel)

A.   Kabel (Wired)
Bermacam-2 media kabel yang dapat digunakan sebagai media transmisi ini,diantaranya adalah:
1). Kabel Twisted
Kabel twisted dibagi menjadi 5 jenis:
a). UTP (Unshilded Twisted Pair),hanya lilitan antar kabel untuk menghindari crosstalk,tidak ada perlindungan interferensi atau induksi sinyal dari luar kabel.

b). Screen Twisted Pair (ScTP),punya beberapa proteksi terhadap induksi atau interferensi sinyal dari luar kabel yaitu diantaranya Outer  Jacket (pembungkus paling luar),Overall Shield,Twister Pair.

c). Shielded Twisted Pair (STP),terdiri dari banyak proteksi kabel diantaranya Outer jacket (pembungkus paling luar),Overall Shield,Pair Shield,Twisted Pair.

d).koaksial (Coaxcial Cable),kabel ini berisi dua buah konduktor,satunya terletak ditengah terbuat dari tembaga keras yang dilapisi dengan isolator,konduktor kedua melingkar di luar isolator pertama dan tertutup dengan isulator luar.

e).serat optik (Fiber Optic),kabel serat optic memiliki kelebihan mampu menyalurkan data dengan kecepatan tinggi,bandwidth sangat lebar dan tidak terpengaruh oleh elektro magnetik.

B.   Nirkabel (Wireless)
1). Gelombang Micro (microwave)
Micro gelombang merupakan bentuk gelombang radio yang menggunakan frekuensi tinggi (dalam satuan gigahertz), yang meliputi kawasan UHF,SHF,dan EHF,Micro gelombang banyak pakai pada sistem jaringan MAN,warnet dan penyedia layanan internet(ISP).
# Keuntungan menggunakan gelombang micro/microwave:
a). Akusisi antara Tower tidak terlalu dibutuhkan.
b). Dapat membawa jumlah data yang terlalu besar.
c). Biaya murah,karena setiap tower antena tidak memerlukan lahan yang luas .
d). Frekuensi tinggi atau gelombang pedek hanya membutuhkan antena yang kecil.
# Kelemahan gelombang Micro/Microwave :
a). Rentang terhadap cuaca,Hujan.
b). Terpengaruh terhadap pesawat terbang yang melintas diatasnya.
2). Gelombang Radio
Transmisi dengan menggunakan gelombang radio dapat digunakan untuk mengirim suara ataupun data, kelebihan transmisi ini adalah mengirimkan isyarat dapat dilakukan dengan sembarang posisi (tidak harus lurus pandang) dan bisa dimungkinkan dalam keadaan bergerak, frekuensi yang digunakan antara 3 KHz sampai 300 GHz. Penggunaan gelombang radio digunakan pada band VHF dan UHF:30 MHz sampai 1 GHz termasuk radio FM dan UHF dan VHF televisi untuk komunikasi data digital digunakan packer radio.
3). Inframerah
Infra merah biasa digunakan untuk komunikasi jarak dekat, dengan kecepatan 4 Mbps, dalam penggunaan untuk pengendalian jarak jauh misalnya (remoute control) pada televisi serta alat elektronik lain.
# Keuntungan Inframerah:
a). Kebal terhadap interferensi radio dan elektromagnetik.
b). Inframerah mudah dibuat dan murah instlasi mudah.
c). Mudah dipindah-2.
d). Keamanan inframerah lebih tinggi dari pada gelombang radio.
# Kelemahan Inframerah:
a). Jarak terbatas.
b). Inframerah tak dapat menembus dinding.
c). Harus ada lintasan lurus si pengirim dan si penerima.
d). Tidak dapat digunakan di luar ruangan, karena akan tergangu oleh cahaya matahari.
8. Modem

Modem adalah singkatan dari Modulator Demodulator,yaitu suatu alat yang berfungsi untuk merubah sinyal-2 digital menjadi analog atau analog menjadi digital. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirim  melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan,sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.berdasarkan media transmisi modem dibedakan menjadi:
A.   Modem dial up
Modem yang masih menggunakan saluran telepon dengan menggunakan frekuensi suara,sehingga jalur telepon tidak dapat digunakan saat terhubung ke internet,lambat.

B.   Modem ADSL
Modem teknologi ADSL (Asymetrik Digital Subscribe Line) yang memungkinkan  berselancar internet dan menggunakan telepon analog secaara bebarengan. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat  yang disebut sebagai splitter atau pembagi line. Posisi splitter ditempatkan didepan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat splitter berguna untuk menghilangkan gangguan  ketika anda sedang menggunakan ADSL modem. Dengan splitter keduanya dapat berjalan bersama, diamana anda dapat menjawab dan menelepon seseorang denagn telepon biasa.selain itu anda tetap dapat berkoneksi dengan internet melalui ADSL modem.

C.   Modem melalui jaringan telepon seluler (CDMA/3g/gprs/csd)
Modem jenis ini mengunakan port USB untuk menghubungkan ke komputer. Modem jenis ini menghubungkan komputer dengan jaringan internet dengan menggunakan kartu telepon seluler, baik CDMA maupun GSM. Modem jenis ini biasa digunakan olehpara aktifis yang mempunyai mobilitas tinggi yang setiap waktu dan dimanapun bisa berhubungan dengan internet.

TAHUKAH KAMU !!!
Kebanyakan LAN diimplementasikan untuk menstransfer data diantara pemakai dalam jaringan atau membagi sumber diantara pemakai.implementasi LAN dapat dilengkapi kemampuan transfer data berkecepatan tinggi tanpa membutuhkan operator sistem untuk menjalankan proses transmisi. Bahkan ketikan menyambungkan LAN kejaringan are yang lebih luas yang menjangkau ribuan mil, transfer data diantara para pemakai dalam jaringan menjadikan efektifitas waktu dan dalam banyak kasus tidak akan menimbulkan masalah.,alasan lain mengimplentasikan LAN adalah untuk membagi sumber-2 hardwere dan softwere diantara pemakai jaringan. LAN juga memungkinkan pemakai untuk bersama-2 mengunakan softwere dan data yang dihasilkan oleh softwere.
Ada dua hal utama yang harus dipertimbangkan ketikan merencanakan atau memasang LAN, yaitu komponen hardwere jaringan dan softwere jaringan. Lan mempunyai berbagaimacam konfigurasi. Tanpa memandang konfigurasi LAN, tiap pesan yang ditransmisikan mempunyai alamat tujuan. Hardwere yang membentuk jaringan harus dikontrol oleh protokol sehingga semua workstation pada sistem dapat saling berkomunikasi. Protokol terdiri atas seperangkat peraturan yang digunakan oleh komputer untuk saling berkomunikasi. Ia harus digunakan dengan hardwere LAN dan sistem operasi jaringan.
            Instalasi softwere
Jaringan komputer merupakan hubungan dua atau lebih sistem komputer yang terpisah,melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu debgan yang lain guna berbagi sumber daya/resource. Dengan menggunakan jaringan komputer, komputer-2 akan menjadi satu kesatuan sehingga bisa saling mengakses data dan perangkat yang ada.
Jaringan komputer adalah salah satu bentuk komunikasi antar komputer, sama halnya seperti yang dilakukan oleh manusia ketika berkomunikasi. Dengan adanya jaringan,pekerja dapat dipermudah karena dapat dikerjakan dan diakses dari segala penjuru selama masih tetap terkoneksi ke dalam sebuah jaringan.
Penggabungan teknologi komputer dan komunikasi sangat berpengaruh terhadap bentuk organisasi sistem komputer. Dalam sebuah institusi, keberadaan jaringan komputer sangat penting. Hal ini dapat dilihat dari adanya pusat pengolahan data dan komputerisasi yang biasanya dikenal dengan istilah “pusat komputer”. Pusat komputer ini mengkoordinasi komputer-2 yang ada pada setiap fakultas atau departemen yang berjumlah banyak dan terpisah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar